20 April, 2016

Umpan ikan Tapah

     Tapah adalah salah satu spesies ikan air tawar dan termasuk dari keluarga Siluridae. Ikan ini dapat ditemukan di benua Asia tropika yaitu Pakistan, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia.
Di Indonesia sendiri dapat ditemukan di hampir seluruh aliran sungai di pulau Sumatra yaitu di sungai kampar dan siak (Riau), sungai batanghari, (Jambi) sungai musi (Sumsel) sungai wampu (Sumut) dan terdapat di beberapa aliran sungai di pulau Kalimantan.
Ikan tapah menyukai tinggal di aliran sungai yang berlumpur dan bersembunyi di dalam lubang di tebing-tebing tepian sungai untuk mempertahankan diri di dasar sungai.

      Ikan tapah adalah jenis ikan predator handal. Ikan dewasa akan memangsa krutasia, moluska, serangga dan ikan-ikan yang lebih kecil dari berat badan tubuhnya. Berikut adalah klasifikasi ilmiahnya.

        Klasifikasi ilmiah
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Siluriformes
Famili : Siluridae
Genus : Wallago
Nama bional Wallago mcropogon.

     Ikan tapah memiliki fisik panjang dan padat, berkepala lebar, bermulut besar berlekuk, berwarna hitam, bergigi tajam, bermata kecil dan berkumis. Ikan ini dapat mencapai 2.5 meter panjangnya. Ikan ini memiliki taji (patil) beracun serta terdapat di antara kedua siripnya dan satu diatas punggungnya.
Nama tapah diambil dari bahasa melayu dan dikenal dengan nama yang sama di negara serumpun.
Berikut ini adalah trik jitu umpan tapah yang sangat sederhana dan mudah didapat.

      Ikan seluang adalah jenis ikan pemakan tumbuhan dan daging. Ikan ini adalah sekelompok ikan terbawah di dalam susunan rantai makanan.
Oleh sebab itu ikan menjadi makanan utama ikan tapah, sebarau(ampala), baung dan toman.

     Demikian sedikit informasi mengenai umpan tapah. Semoga bermanfaat dan sukses.

No comments: