26 January, 2017

Cara mengatasi penyakit tajuk pada tanaman kelapa sawit

      Penyakit tajuk atau lebih dikenal dengan penyakit Crown disease adalah penyakit pada tanaman kelapa sawit yang disebabkan oleh gen keturunan tanaman induk. Penyakit ini merupakan penyakit merupakan penyakit yang berbahaya dan sangat perlu penanganan yang serius.
Jika tidak dilakukan, maka sudah dapat dipastikan tanaman kelapa sawit yang berasal dari induk berpenyakit produktifitasnya sangat rendah, karena tanaman tidak dapat membentuk buah dengan maksimal.

      Penyakit ini tergolong penyakit turunan dan secara umum sangat terlihat pada tanaman kelapa sawit berusia 2-4 tahun setelah tanaman.
Tanaman bergen penyakit tajuk dapat diketahui pada pelepah yang bengkok-bengkok dan tidak memiliki helai daun seperti tanaman pada umumnya.
Ciri lain terlihat pada daun pertengahan hingga keujung pelepah yaitu daun kecil-kecil, sobek atau tidak memiliki helai daun sama sekali.

     Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk menanggulangi penyakit ini adalah sebagai berikut ;
1). Menggunakan bibit yang sehat dan berkualitas dan jelas asal – usulnya.
2). Menggunakan bibit bersertifikat yang sudah terbukti kualitasnya,
3). Menyingkirkan tanaman-tanaman yang memiliki gen panyakit tajuk.
4). Pastikan piringan selalu bersih dari gulma pengganggu.

     Penyakit ini bisa dikatakan cacat bawaan atau bisa dikatakan sifat dari genetik yang diturunkan dari tanaman induk.
Hingga saat ini belum ditemukan secara pasti untuk mengatasi dan mengendalikan penyakit ini.
Oleh sebab itu harus dilakukan seleksi terlebih dahulu pada tanaman yang akan dijadikan induk, karena akan bersifat beregenerasi  terhadap penyakit ini atau bisa dikatakan indukan yang terinfeksi penyakit ini tidak boleh dijadikan indukan.
Kemudian dari beberapa kasus dilapangan, hanya terdapat beberapa pohon saja yang dapat sembuh dan normal. Namun hanya kondisi fisik dari pohon tersebut terindikasi lemah dan dapat terserang kembali sewaktu-waktu.

       Semoga bermanfaat dan sukses.

No comments: