05 November, 2016

Cara menghilangkan biji pada buah pisang serawak

     Pisang merupakan tanaman buah yang berasal dari Asia tenggara.  Kemudian tanaman ini menyebar hingga ke benua Afrika, Amerika selatan dan tengah. Pohon pisang  dapat hidup di iklim tropis basah, lembab dan panas.
Namun demikian pisang masih dapat tumbuh di daerah subtropis. Pada kondisi tanpa air, pisang masih tetap tumbuh karena air disuplai dari batangnya yang berair, namun produksinya tidak dapat diharapkan.
Kecepatan Angin tinggi seperti angin kumbang dapat merusak daun dan mempengaruhi pertumbuhan tanaman.
Curah hujan optimal adalah 1.520–3.800 mm/tahun dengan kurun waktu 2 bulan dalam keadaan kering. Variasi curah hujan harus diimbangi dengan ketinggian air tanah agar tanah tidak tergenang.
Tanaman pisang dapat beradaptasi di tempat ketinggian dan kekeringan. Di Indonesia umumnya dapat tumbuh di dataran rendah sampai pegunungan setinggi 2.000 m dpl. Pisang ambon, nangka, tanduk, lilin dan kepok dapat tumbuh dengan baik sampai ketinggian 1.000 m dpl.

     Pisang serawak adalah jenis pisang yang mempunyai banyak biji didalam buahnya. Pisang ini cukup terkenal di Indonesia terlebih banyak masyarakat Melayu yang menanamnya.
Keberadaan pisang serawak di Indonesia disebarkan oleh saudagar-saudagar Melayu. Oleh sebab itu teknik budidaya pisang serawak ini didapat dari petani berdarah melayu yang tinggal di tanah Deli, Sumatra utara.
Berikut adalah cara menghilangkan biji pada buah pisang serawak.
Sebelum anakan pisang ditanam, Bonggol (umbi akar) dicuci terlebih dahulu hingga bersih dari tanah yang menempel.
Pencucian bonggol pisang bertujuan untuk menghilangkan biji pada buahnya dan biasanya adanya biji dan tidaknya biji yang terdapat dalam buah pisang tergantung dari induk pohon yang ditanam.
Metode ini diperuntukkan hanya untuk indukan pisang yang memiliki banyak biji pada buah.
Mungkin sebagian petani yang membaca artikel ini tidak percaya dan menganggap penulis artikel ini mengada-ada dan masih percaya dengan takhayul. Namun ini lah faktanya dan kelebihan dari pohon pisang serawak dapat mengurangi pertumbuhan alang-alang yang tumbuh disekitarnya.

     Demikian sedikit informasi mengenai cara menghilangkan biji pada buah pisang serawak. Semoga bermanfaat dan sukses. Sekian dan terima kasih.

No comments: